Wujudkan Ketahanan Iklim, Enjang Tedi: Masjid Harus Jadi Pusat Kegiatan Peduli Lingkungan

Sani Ichsan
Apr 12, 2023

KOSADATA - Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Enjang Tedi mengajak masyarakat untuk terlibat aktif menjaga lingkungan dari ancaman bencana dampak adanya perubahan iklim. Salah satunya, melalui edukasi soal pengelolaan sampah seperti dilakukan di Kabupaten Garut.

Hal itu disampaikan Enjang saat menghadiri acara Green Ramadhan Festival I dengan tema "Ngabuburit Berkah; Ramadhan Full Ibadah tanpa Banyak Sampah" kerjasama Bank Sampah (BS) Hurip Bagja dengan warga RT 03 dan DKM Al-Hidayah di kawasan Situ Bagendit Desa Sukaratu, Kecamatan Banyuresmi pada tanggal 9 sampai 10 April 2023 kemarin.

"Kegiatan seperti ini harus terus digaungkan dan mendapat support dari berbagai pihak karena berbagai bencana dan perubahan iklim yang sekarang terjadi seperti suhu udara yang semakin panas, musim hujan dan kemarau yang sulit diprediksi, banjir, kerusakan sungai, laut dan lahan pertanian, salah satunya adalah karena tidak pedulinya pada urusan sampah," kata Enjang Tedi dikutip Rabu (12/4/2023).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga mengapresiasi panitia kegiatan lantaran berhasil menggabungkan kegiatan lingkungan dengan kegiatan keagamaan. Menurutnya, Masjid bukan hanya tempat melaksanakan ritual ibadah seperti solat dan mengaji saja, tapi juga harus jadi pusat kegiatan peduli lingkungan.

"Masjid, meski kecil seperti mesjid AlHidayah ini, tapi sangat berperan untuk menjadi tempat pendidikan dan percontohan tentang hidup peduli lingkungan. Masjid-masjid bergerak menjadi Edu & Eco Masjid," katanya.

Selain Enjang Tedi, hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Camat Banyuresmi, Eti Nurul Hayati didampingi Kepala Desa Sukaratu, Ali Said; Ketua Yayasan Hurip Bagja,


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0