Antisipasi Lonjakan Pemudik 2024 di Merak, ASDP Prioritaskan Kapal Berkapasitas Besar

Dian Riski
Mar 25, 2024

Rakor angkutan lebaran di pelabuhan Merak. Foto dok ASDP

KOSADATA --- Dalam rangka memastikan kesiapan layanan penyeberangan menghadapi Angkutan Lebaran 2024, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama dengan Menko PMK Muhadjir Effendy kembali melakukan rapat koordinasi sekaligus kunjungan lapangan di Pelabuhan Merak, Banten, Sabtu (23/3) siang. 

Turut hadir pula dalam rakor kesiapan tersebut, Kakorlantas Polri Aan Suhanan, PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Dirjen Perhubungan Darat Hendro Sugiatno, Dirjen Perhubungan Laut Antoni Arif Priadi, Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono, Direktur Utama Jasa Raharja Rivan Purwantono dan Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP, M Yusuf Hadi.

Bertempat di ruang rapat Terminal Eksekutif Sosoro-Merak, Banten, Menhub Budi Karya mengungkapkan bahwa berdasarkan kajian yang dilakukan oleh instansinya bahwa diperkirakan akan ada kenaikan signifikan jumlah pemudik pada periode Angkutan Lebaran 2024 sekitar 50% atau mencapai 193,6 juta orang bila dibandingkan periode sama pada tahun lalu yang hanya berkisar 121 juta pemudik. 

“Sudah diketahui bahwa akan ada kenaikan yang besar, 50% atau 193 juta orang akan mudik dan angka itu terverifikasi dengan baik. Secara khusus saya pesankan kepada ASDP dan stakeholder agar seyogyanya kapal-kapal yang besar dan kecepatan lebih tinggi itu agar didahulukan,” kata Menhub Budi.

Kepala Korlantas Polri Brigjen Polisi Aan Suhanan menyebut akan ada 1.9 juta kendaraan pribadi keluar dari Jabodetabek dan 22% diantaranya akan mengarah ke Sumatera. Dari data tersebut diprediksi sekitar 400 ribu kendaraan akan melintasi selat Sunda melalui pelabuhan Merak serta pelabuhan penunjang Ciwandan dan BBJ.

“Kita akan lakukan penundaan perjalanan atau delaying system sehingga tidak menganggu


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0