Bangun IPA Pesanggrahan, Heru Budi: Titip Wilayah Ini, Tingkatkan Layanan Air Bersih

Ida Farida
Nov 03, 2023

PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melakukan kick off pembangunan IPA Pesanggrahan. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meresmikan Kick Off Pembangunan IPA Pesanggrahan di Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Pembangunan IPA Pesanggrahan itu merupakan upaya peningkatan ketersediaan air bersih di Jakarta tersebut.


"Titip wilayah ini untuk bisa tetap melayani air bersih kepada masyarakat. Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, Kick Off IPA Pesanggrahan saya nyatakan dimulai. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan bagi kita untuk memperkuat sinergi dan mengupayakan peningkatan ketersediaan air dan perpipaan air bersih di Jakarta," ujar Heru Budi di PAM Jaya DCR 5, Cilandak, Jakarta Selatan, Jum'at (3/11/2023).


Pemprov DKI Jakarta mengalokasikan dana Penyertaan Modal Daerah (PMD) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2023 untuk pembangunan IPA Pesanggrahan yang direncanakan akan rampung pada 2025.


"Katanya Pak Dirut (pengerjaan berlangsung) selama 1,5 tahun. Semoga sehat semua sampai 2025. Anggaran dari Pemprov DKI melalui PMD sekitar Rp 200 miliar," katanya.


Sementara Direktur PAM Jaya Arief Nasrudin menjelaskan, dengan luas 4.000 meter persegi, kapasitas IPA Pesanggrahan mencapai 750 liter/detik untuk melayani kebutuhan air bersih warga di 20 kelurahan di Jakarta Selatan dan akan melayani 45 ribu pelanggan.
Terdapat pula tempat penyimpanan cadangan air/reservoir untuk mengalirkan air agar lebih merata bagi warga yang membutuhkan.


”Total reservoir yang ada di Pesanggarahan ini nanti akan mencapai 2,1 hektare. Akan ada dua reservoir yang kapasitasnya mencapai 2.500 liter per second (lps),” terang Arief Nasrudin.


Arief berharap, dengan pembangunan


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0