Beredar Buletin Digital Sebut Kapolri Hendak Menangkan Prabowo-Gibran, Polri Tegaskan Hoax

Abdillah Balfast
Feb 13, 2024

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko

KOSADATA - Beredar sebuah buletin digital bernama KBA News memuat informasi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo hendak memenangkan paslon pilpres nomor urut 2, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Buletin digital tersebut terdiri dari 91 halaman berbentuk dokumen PDF dengan judul ‘Langkah Senyap Masif dan Terstruktur LSP untuk Prabowo Gibran’.

Dalam cover tersebut, terpasang foto Jenderal Listyo bersama Kabaintelkam Polri Komisaris Jenderal (Komjen) Suntana, Presiden Joko Widodo (Jokowi), Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Iriana Jokowi, dan pasangan Prabowo-Gibran.

“Pertama-tama, jelas informasi yang dimuat adalah berita bohong atau hoaks. Saya sendiri sudah menghubungi Pak Ramadhan Pohan, karena dalam buletin tersebut tercantum nama beliau sebagai CEO atau founder,” jelas Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko dalam keterangan tertulis, Selasa (13/2/2024).

Trunoyudo menyebutkan, informasi hoax itu dapat dipastikan setelah dirinya mengklarifikasi terhadap pimpinan dari buletin tersebut.

“Menurut Pak Ramadhan Pohan, benar bahwa dirinya bagian dari tim redaktur KBA News, tetapi bukan kba newspaper. Dan sekali lagi menurut yang bersangkutan, tidak pernah tim redaksi KBA News membuat buletin digital tersebut,” jelas Trunoyudo.

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya itu menyebutkan, ada orang pihak yang tidak bertanggung jawab dengan sengaja menyebarkan berita bohong dan mengatasnamakan pihak lain.

“Diduga modusnya mencatut nama KBA News, lalu membuat narasi hoaks. Dari pihak KBA News tadi mengatakan akan mengklarifikasi bahwa hoaks tersebut


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0