DKI Terapkan WFH Bagi ASN, Kemacetan Jakarta Hanya Turun 1,69 Persen

Widihastuti Ayu
Sep 12, 2023

Dinas Perhubungan DKI Jakarta pastikan ada penurunan volume kendaraan saat penerapan kebijakan WFH. Foto: kosadata.com

KOSADATA - Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengungkapkan penurunan kemacetan di Jakarta selama kurun 4-8 September 2023 mencapai 1,69 persen. Selain karena ada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga menerapkan kebijakan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). 

 

"Volume lalu lintas ternyata memang turunnya sesuai prediksi kita. Jadi pada minggu kemarin saja, untuk volume lalu lintas pada tanggal 4-8 september dibandingkan dengan 7-11 agustus periode waktu sama di bulan sebelumnya, itu turun 1,69%," ujar Syafrin Liputo kepada wartawan, Selasa (12/9/2023). 

 

Diakuinya, penurunan volume lalu lintas itu berkaitan erat dengan kebijakan WFH. Dia menjelaskan, proporsi jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jakarta berdasarkan Badan Kepegawaian Nasional hanya 5 persen, baik ASN Kementerian dan Lembaga maupun di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. 

 

"Sehingga jika diterapkan WFH (kapasitas) 50% otomatis maksimum hanya 2%. Oleh sebab itu dari rata-rata semingguan lalu pada pelaksanaan wfh, dibandingkan 7-11 itu penurunannya hanya 1,69% untuk di dalam kota," katanya. 

 

Namun, lanjutnya, volume lalu lintas kendaraan dari daerah yang masuk ke Jakarta mengalami peningkatan hingga 1,57 persen dalam periode yang sama. Menurutnya, rata-rata jumlah kendaraan yang beroperasi di Jakarta pada periode itu mencapai 26.226 unit kendaraan dimana 77 persennya adalah kendaraan roda dua. 

 

Sebelumnya, - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono akan mempertimbangkan perpanjangan penerapan WFH hingga awal memasuki musim hujan.

 

"Sudah menjelang musim hujan, kita (WFH ASN), mungkin sampai


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0