Dukung F1 Powerboat, Pemerintah Tata Ulang Kawasan Wisata Sibea-bea

Dian Riski
Feb 27, 2023

KOSADATA – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan penataan kawasan wisata Sibea-bea di Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara. Hal ini dilakukan untuk mendukung Kejuaraan Dunia Formula 1 (F1) Powerboat di Danau Toba pada 24-26 Februari 2023 ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR secara terpadu telah mendukung pembangunan infrastruktur pada Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba.

"Untuk pariwisata, pertama yang harus diperbaiki infrastrukturnya, kemudian amenities dan event, baru promosi besar-besaran. Itu yang harus kita jaga betul. Prinsip penataan kawasan wisata ini adalah merubah wajah kawasan dengan cepat, terpadu dan memberikan dampak bagi ekonomi lokal dan nasional," ujar Basuki dalam keterangan tertulis, Minggu (26/2/2023).

Penataan Kawasan Sibea-bea seluas 1 Ha ini dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Cipta Karya sejak Mei 2022 dan selesai pada Desember 2022. Anggaran yang dialokasikan sebesar Rp11,68  miliar bersumber dari APBN TA 2022.

Kepala Balai Pengembangan Prasarana Wilayah (BPPW) Sumatera Utara Syafriel Tansier mengatakan, pekerjaan dilakukan oleh CV Permata Kasih selaku kontraktor dan PT Delta Arsitektur Persada selaku Konsultan Pengawas.

“Lingkup kegiatan meliputi pekerjaan persiapan, pembangunan plaza, bangunan gerbang, kantor pengelola, pos jaga, pos tiketing, toilet, parkir, penataan lansekap, serta MEP Kawasan,” jelas Syafriel.

Sebelumnya, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah membangun jalan akses sepanjang 2,5 km untuk mempermudah akses menuju lokasi wisata Rohani Patung Kristus Penyelamat di Puncak Bukit  Sibea-bea. Pekerjaan pembangunan dilaksanakan oleh PT Matio Jaya Cemerlang dengan anggaran APBN senilai


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0