Dusun Terpencil di Pelalawan Riau Dapat Pasokan Listrik 24 Jam

Ida Farida
Feb 23, 2023

KOSADATA - Kebahagiaan meliputi warga Dusun Tasik Indah, Desa Segati Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan, Riau, setelah hadirnya listrik dari PLN. Kehadiran negara melalui Penyertaan Modal Negara (PMN) membuat lebih dari 700 keluarga warga di dusun tersebut bisa menikmati listrik selama 24 jam.

Risma (20), salah seorang warga tak dapat menyembunyikan kebahagiaannya setelah listrik menyala selama 24 jam penuh di dusunnya. Menurutnya, selama ini warga Dusun Tasik Indah hanya bisa menikmati nyala listrik selama 4 jam per hari dengan biaya mencapai Rp 2 juta per bulan untuk membeli BBM.

“Dengan masuknya PLN kami sangat terbantu dan biayanya jauh lebih murah, hanya sekitar Rp 200 ribu per bulan, serta nyalanya 24 jam,” kata Risma.

Bupati Pelalawan Zukri juga menyampaikan apresiasi atas kerja keras PLN dalam menghadirkan akses listrik di Dusun Tasik Indah. Menurutnya, selain untuk memenuhi kebutuhan harian masyarakat, kehadiran listrik juga meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Hadirnya listrik PLN ini diharapkan memberikan manfaat positif bagi peningkatan kualitas pendidikan dan juga berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat,” ungkap Zukri.

Zukri berharap, penyalaan listrik PLN akan dilanjutkan ke wilayah lainnya yang belum teraliri listrik 24 jam. Dengan begitu, rasio elektrifikasi di Kabupaten Pelalawan dapat mencapai 100 persen di tahun 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo menyampaikan pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya menjangkau dan melistriki daerah-daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

"Upaya ini merupakan bentuk kehadiran negara dalam mewujudkan keadilan energi bagi seluruh masyarakat Indonesia," tutur Darmawan.

Dalam beberapa tahun terakhir, rasio elektrifikasi terus meningkat. Pada tahun 2015, rasio elektrifikasi nasional baru mencapai 88,3 persen, sementara pada akhir tahun 2022 telah mencapai 99,45 persen.

General


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0