Elektabilitas Anies di Urutan Ketiga, Pengamat Sebut Lembaga Survei Tak Objektif

Bambang Widodo
Feb 28, 2023

KOSADATA - Elektabilitas Anies Baswedan selalu ditempatkan diurutan tiga oleh beberapa lembaga survei menimbulkan pertanyaan dikalangan masyarakat. Hasil survei itu lantas dinilai tidak masuk akal.

Sebabnya, publik tahu bahwa elektabilitas Anies Baswedan selama ini kerap berada diurutan pertama. Meski Anies belum melakukan kerja-kerja politik.

Malah, sejumlah lembaga survei selalu menempatkan Ganjar Pranowo diurutan pertama, dan diikuti Prabowo Subianto pada urutan kedua.

"Setelah Anies intens melakukan safari politik, justru elektabilitasnya melorot dan konsisten diurutan tiga. Padahal, setiap Anies safari politik selalu dihadiri lautan manusia," ujar Pengamat Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga saat dikonfirmasi, Selasa (28/2/2023).

Karena itu, logikanya elektabilitas Anies seharusnya naik. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Jamiluddin  mengungkapkan wajar bila banyak anak bangsa yang meragukan hasil survei.

Keraguan itu tampaknya beralasan karena memang banyak  hasil survei kerap tidak sama dengan hasil pilpres atau hasil pileg atau hasil pilkada.

"Perbedaan hasil itu akhirnya membuat banyak banyak anak bangsa menghiraukan hasil survei," ucapnya.

Kondisi ini, lanjut dia, tentu memprihatinkan mengingat survei seharusnya menjadi instrumen ilmiah dalam berdemokrasi. Namun belakangan ini survei sudah menjadi instrumen bagi capres atau partai politik untuk membentuk opini publik.

"Hasil survei digunakan untuk menggiring opini masyarakat untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas capres atau partai politik. Disini lembaga survei sudah menjadi partisan, sehingga dalam melakukan survei sudah mengabaikan objektifitas," katanya.

Atas dasar fakta itu, ia berpendapat bahwa hasil survei sudah tidak bisa lagi dijadikan tolok ukur untuk mengetahui popularitas dan elektabilitas capres dan partai politik.

"Hasil survei tersebut justru


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0