Enjang Tedi: Kang Emil Komitmen Akan Bantu Pulangkan TKI Ela Lastari ke Garut

Sani Ichsan
May 17, 2023

KOSADATA - Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat, Enjang Tedi memastikan bahwa Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah menyatakan kesiapan untuk membantu Pekerja Migran Indonesia asal Kabupaten Garut bernama Ela Lastari yang dua bulan terakhir hilang kontak dan diduga mengalami penyiksaan oleh majikan di Riyadh, Arab Saudi.

Hal itu disampaikan Enjang Tedi usai menghadiri rapat paripurna DPRD Jawa Barat bersama Gubernur pada Selasa (16/5) siang. Enjang Tedi pun berkomitmen akan mengadvokasi warga Kecamatan Tarogong Kaler itu hingga tuntas.

"Tadi sudah disampaikan resmi ke Pak Gubernur Jabar saat Rapat Paripurna DPRD Jabar dan Pak Ridwan Kamil menyatakan akan membantu untuk pemulangan Ela Lastari," ujar politisi PAN Dapil Kabupaten Garut ini, Selasa (16/5/2023) sore.

Dalam Rapat Paripurna tersebut, Enjang Tedi menyampaikan kronologi serta kondisi terakhir Ela berdasarkan laporan yang ia terima dari pihak keluarga saat dikunjungi dikediamannya.  

"Assalamualaikum, mohon izin Pak Gubernur, untuk sampaikan laporan saat ini di Garut ada warga yang berangkat jadi TKW di Arab Saudi, sejak Oktober 2022, sudah beberapa bulan ini hilang kontak dan diduga mengalami kekerasan oleh majikan, saya baru dapat kabar dari keluarga sejak hari kamis 11 Mei minggu lalu," kata Enjang Tedi dihadapan Ridwan Kamil.

Lebih lanjut Enjang Tedi menyampaikan sejumlah langkah yang sudah dia lakukan untuk mengadvokasi Ela. diantaranya, berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) untuk melacak keberadaan Ela di Riyadh, ke Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) dan Kepolisian Resort (Polres) Garut.

"Saya periksa dokumen


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0