|

Grebek Rumah Jagal Anjing, DPRD: Jakarta Harus Bebas Dog Meat

Isma Nanik
Feb 24, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Sejumlah aktivis pecinta binatang bersama anggota DPRD DKI Jakarta dan kepolisian menggerebek rumah jagal anjing di Jakarta Barat. Penggerebekan rumah jagal anjing ini diharapkan bisa ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mewujudkan Jakarta bebas dog meat.

"Saya berharap ke depan, Jakarta menghentikan kasus-kasus ini. Kan kita sedang berupaya agar Jakarta zero rabies. Jadi, kalau ada hewan masuk dari luar daerah harus ada sterilisasi dulu, divaksin rabies. Lalu, hentikan lah dog meat. Jakarta harus bebas dog meat," ujar Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta, Panji Virgianto kepada wartawan, Jum'at (24/2/2023).

Menurutnya, sejumlah jenis hewan, termasuk anjing sudah menjadi teman baik manusia. Untuk itu, pihaknya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk menumbuhkan rasa sayang ke hewan-hewan peliharaan.

Di tempat yang digrebek, ungkapnya, ditemukan puluhan anjing baik yang ada di dalam kandang maupun dilepas liarkan. Dia menilai, kandang anjing itu tidak layak karena diisi 5 anjing.

"Banyak sekali hewan-hewan anjing, baik yang dilepas atau dikandangkan. Saya prihatin kandangnya juga enggak layak, satu kandang bisa sampai 5 anjing. Infonya, anjing itu didatangkan dari Garut. ini kan dikhawatirkan ada rabies dan punya dampak kesehatan bagi orang yang mengonsumsi," katanya.

Pendiri Animal Defender, Doni Hendaru Tona yang menggagas organisasi penyelamat hewan mengatakan, pihaknya mendapat laporan dari masyarakat akan adanya rumah jagal anjing di kawasan Jakarta Barat. Laporan ini ditindaklanjuti bersama petugas Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian, kepolisian serta aktivis pecinta hewan lainnya untuk melakukan penggerebekan ke rumah jagal anjing itu.

"Bersama polsek cengkareng untuk membantu mengamankan prosesnya. Karena di lapangan sudah mulai agak anget nih, karena preman-preman setempat pada mulai ngumpul seperti mau membela rumah jagalnya," katanya.

Dalam kesempatan itu, pihaknya menemukan 56 ekor anjing yang ada di rumah jagal itu baik yang ada di dalam kandang maupun dilepasliarkan. Bahkan, pihaknya juga menemukan tungku pembakaran yang masih menyala yang diduga untuk membersihkan kulit anjing dari bulu-bulunya. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News