Hadirkan Program Grebek Stunting, Kecamatan Cakung Deteksi Balita yang Alami Gizi Buruk

Abdillah Balfast
Feb 14, 2023

KOSADATA - Kecamatan Cakung komitmen dalam pencegahan balita yang mengalami gizi buruk. Untuk Itu, Kecamatan Cakung menghadirkan program tersebut bernama Grebek Stunting. 

Program ini Itu dilakukan untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah anak penderita stunting sekaligus mengantisipasi memburuknya  pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Salah satu yang menjadi percontohan adalah RW 05 Kelurahan Rawa Teratai. Ini ditandai dengan peresmian "Balai Pelayanan Terpadu dan Kesehatan Masyarakat. Penanganan Stunting dan Gizi Buruk di Wilayah RW 05 Rawa Teratai, Jakarta Timur" pada Selasa (14/2/2023).

Ketua RW 05 Hendra Hadiansyah, mengatakan, awal pembentukan balai ini sendiri ketika ia mendapat laporan dari Pos Yandu mengenai dua balita yang mengalami gizi buruk atau stunting. 

"Dari laporan ini saya sangat prihatin. Saya kerja sama dengan kader Pos Yandu maupun dengan Puskesmas. Akhirnya saya berupaya bagaimana caranya menyembuhkan anak tersebut," ujarnya kepada Jakarta Raya. 

Dengan dibantu oleh Ibu-Ibu PKK dan Pos Yandu akhirnya kedua anak tersebut mendapat asupan makanan bergizi empat sehat lima sempurna. Selama delapan hari mereka dalam pendampingan, secara berangsur kesehatan kedua anak tersebut mulai pulih secara perlahan.

Namun sambung Hendra, untuk membuat nafsu makan anak bertambah perlu diiringi dengan sarana bermain. Ketika mereka bermain, ibunya mendampingi sekaligus menyuapin anaknya.

Dari situ, RW 05 juga membuatkan sarana bermain anak sekaligus sarana edukasi agar kejiwaan anak-anak lebih relax. 

"Dicobalah disini main, baru anak itu mau makan," katanya. 

Sementara itu, Lurah Rawa Teratai, Jainudin, mengatakan sejak sebulan lalu sudah mendapat instruksi dari Gubernur DKI Jakarta terkait penanganan stunting. Dari enam RW di di


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0