|

Heru Budi Minta Seluruh Kelurahan di DKI Sulap Taman Jadi Kawasan Unggulan

Abdillah Balfast
January 19, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono meninjau Taman Hasil Penataan di Kelurahan Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat pada Kamis (19/1/2023). Di kesempatan itu, dirinya meminta agar seluruh taman di kelurahan yang ada di Jakarta disulap menjadi kawasan unggulan.

Diketahui taman hasil penataan di Kelurahan Kembangan Selatan awalnya  kurang tertata rapi dan kini telah disulap dan enak dipandang mata

"Jadi, ini contohnya (Taman Kelurahan Kembangan Selatan). Karena, di setiap kelurahan, saya meminta satu lokasi yang awalnya kurang terawat, gelap, sekarang diubah menjadi kawasan unggulan yang bagus, tertata rapi dan indah," kata Heru kepada awak media.

Heru mewacanakan setiap kelurahan di 6 wilayah administrasi DKI Jakarta memiliki satu titik lokasi yang dijadikan kawasan unggulan berupa taman hasil penataan. Dengan demikian, ke depan akan ada 267 kawasan unggulan berupa taman hasil penataan di DKI Jakarta.

"Jadi, saya menyerahkan kepada lurah. Terserah Pak Lurah di mana kawasannya, yang mudah saja. Seperti ada di Duren Sawit. Di perempatan Pondok Kopi juga ada. Sehingga, kalau ada satu titik per kelurahan, maka se-DKI memiliki 267 titik kawasan unggul. Berarti, ada 267 titik lokasi yang sebelumnya kurang terawat menjadi bagus dan tertata rapi," ucap Heru.

Heru menambahkan pengerjaan taman hasil penataan kawasan dilakukan dengan berkolaborasi antara jajaran Kelurahan beserta unit kerja perangkat daerah (UKPD) yang ada di wilayah masing-masing.

"Kita kerja dengan cara yang mudah saja. Semuanya kerja bakti, berkolaborasi dengan UKPD. Seperti, Sudin Pertamanan menyumbang bibit pohon dan rumput, Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) menyumbang ikan dan pohon produktif, lalu Sudin Bina Marga menyumbang aspal dan lampu penerangan dari Sudin Penerangan Jalan Umum (PJU)," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko menjelaskan Taman Hasil Penataan di Kelurahan Kembangan Selatan merupakan salah satu penataan kawasan yang ada di wilayahnya. Penataan kawasan yang kurang terawat menjadi kawasan unggulan tersebut dilakukan sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta.

“Penataan dilakukan sesuai arahan Pj Gubernur DKI Jakarta. Supaya titik-titik di wilayah yang kurang rapi, kurang tertata, dapat ditata rapi seperti taman di Kelurahan Kembangan Selatan," ucap Yani.

Yani menambahkan area taman di Kelurahan Kembangan Selatan awalnya kurang teratur dan kurang terawat. Namun, berkat kolaborasi antar-UKPD di wilayah Jakarta Barat, maka dapat dibangun taman hasil penataan kawasan sebagai salah satu kawasan unggulan di Jakarta Barat.

"Berkat kolaborasi antar-UKPD, di sini ada Sudin Taman, Sudin Bina Marga, Sudin Tata Air, dan Sudin KPKP, ini kolaborasi. Alhamdulillah, jadi seperti ini. Taman ini akan menjadi percontohan di Jakarta Barat, supaya di setiap kelurahan ada kawasan unggulan seperti ini. Bayangkan kalau 3 bulan ini selesai, kemudian 3 bulan lagi bikin lagi, maka tempat-tempat yang kurang terawat akan tertata dengan rapi," tuturnya.

Sebagai informasi, Pj Gubernur Heru didampingi Asisten Deputi Bidang Budaya DKI Jakarta, Mawardi; Wali Kota Administrasi Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko; Camat Kembangan, Joko Suparno; dan Lurah Kembangan Selatan, RM Pradana Putra.

Bersama Wali Kota Jakbar Heru juga menanam pohon tabebuya dan melihat sejumlah fasilitas yang tersedia. Selain itu Heru juga meninjau pelayanan di Kantor Kelurahan Kembangan Selatan.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News