HPN 2023, Megawati Sebut Pers Salah Satu Pilar Demokrasi dan Kontrol Sosial dalam Menyuarakan Kebenaran

Abdillah Balfast
Feb 09, 2023

KOSADATA - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri turut mengucapkan Hari Pers Nasional (HPN) 2023. Hal itu ia sampaikan melalui postingan di akun Instagram @megawatibercerita.

Dalam postingan itu, Megawati turut melampirkan dua buah foto bersama para awak media. Pada satu foto, Megawati nampak mengenang dengan seorang wartawan saat dirinya menjadi presiden.

Sementara foto kedua, putri Bung Karno itu terlihat sangat akrab dan dekat dengan awak media saat menghadiri sebuah acara di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jaksel, Juni 2022.

Dalam keterangan postingan itu, Megawati sempat mengenang saat dirinya menjadi orang nomor satu di Indonesia pada 2004. Kala itu, ia sempat mengundang sejumlah wartawan ke Istana Kepresidenan, di Jakarta.

"Hubungan baik dengan pewarta berita sudah terjalin sejak awal Ibu Megawati terjun ke dunia politik. Benang merahnya adalah sama-sama pelantang suara rakyat," tulis keterangan postingan itu.

Bagi Megawati, wartawan tak hanya menjadi pilar demokrasi. Wartawan, di mata Megawati juga dapat berperan besar seperti untuk kontrol sosial, dan elemen yang menyebarkan kebenaran.

"Bagi Ibu Megawati, pers bukan hanya salah satu pilar demokrasi, tetapi juga harus berperan sebagai kontrol sosial, jadi elemen yang menyebarkan kebenaran, menumbuhkan optimisme dan kebaikan, dengan menjunjung kebebasan yang sesuai kode etik & profesionalisme," tulis postingan itu.

"Selamat Hari Pers Nasional. Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat," tukas postingan itu.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0