IMB Pemukiman Padat Dekat Depo Pertamina Plumpang Terbit di Era Anies Baswedan, Begini Alasan Pemprov DKI

Abdillah Balfast
Mar 07, 2023

KOSADATA - Pemprov DKI Jakarta melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) mengungkap alasan menerbitkan izin mendirikan bangunan (IMB) di permukiman padat dekat Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara. Diketahui kebakaran hebat melanda Depo Pertamina Plumpang pada Jumat (3/3) malam dan merambat ke kawasan permukiman Kampung Tanah Merah Bawah.

"Untuk IMB yang pernah diberikan oleh PT itukan sebenernya hanya semata dukungan supaya kebutuhan layanan dasar disana itu  bisa terpenuhi. Misalnya air bersih, air minum, kemudian aksesibilitas jalan kan gitu, untuk mobilitas ekonomi," kata Kepala Dinas PRKP, Sarjoko kepada awak media di Balai Kota, Jakarta, Senin (6/3/2023).

Kendati demikian, Sarjoko mengaku tak mengetahui persis IMB kawasan yang diterbitkan saat era kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan. Ia hanya menyebut penyelesaian jangka panjang di kawasan Kampung Tanah Merah masih dalam tahap pembahasan. 

"Jadi untuk sementara untuk kebijakan perencanaan penyelesaian jangka panjangnya gimana kita masih menunggu," ujarnya.

Lebih lanjut, Sarjoko mengatakan untuk solusi jangka panjang pascakebakaran masih dibahas antara Pemprov DKI dengan Kementerian BUMN. 

"Ya ini kan lagi dicarikan apa namanya opsi penyelesaian jangka panjangnya kita belum tahu apa yang mau dipilih tentu nya baru akan dibicarakan antara Pemprov DKI dengan pihak Pertamina," jelasnya.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyebut Pemprov akan mengikuti kebijakan Pemerintah Pusat terkait solusi insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0