|

IndonesiaTIC dan FORKAPPSI Komitmen Dongkrak Potensi Parekraf di Daerah

Eka Putri
Feb 23, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Penanggung jawab IndonesiaTIC, Etty Tejalaksana menyampaikan, pihaknya terus mendukung sektor seni, budaya dan industri pariwisata daerah untuk semakin maju dan berkembang serta menjadi sumber ekonomi unggulan masyarakat daerah.

Hal itu disampaikan Etty usai melaksanakan penandatanganan kerjasama (MoU) dengan Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia (FORKAPPSI) beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan.

"Terkait kerjasama ini yaitu untuk mempromosikan pariwisata, produk-produk kreatif serta potensi potensi lainnya yang dimiliki oleh masing-masing provinsi yang tergabung di dalam FORKAPPSI," ujar Etty kepada wartawan, Kamis (23/2/2023).

Etty menuturkan, penandatanganan MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah diselenggarakan kedua belah pihak pada dua minggu sebelumnya serta terjalin kesepakatan untuk pengembangan kerjasama terutama promosi pariwisata.

"Target utama dari kerjasama ini adalah untuk lebih memaksimalkan upaya memperkenalkan potensi daerah yang mungkin selama ini belum terangkat dan tentunya dapat dijadikan salah satu cara untuk menggiatkan perekonomian daerah, tidak hanya melalui pariwisata tapi juga usaha-usaha mikro yang dimiliki oleh masing-masing provinsi," jelasnya.

Etty menjelaskan, IndonesiaTIC merupakan sebuah platform yang mengangkat kepariwisataan dan UMKM di sepuluh provinsi yang tergabung dibawah Mitra Praja Utama (MPU).

Namun, lanjut Etty, IndonesiaTIC sangat terbuka untuk bekerjasama dengan provinsi lainnya diluar provinsi anggota MPU tersebut. Sementara FORKAPPSI merupakan duta dari masing-masing provinsi yang berkantor di Jakarta. 

"Jakarta dan Bali merupakan pintu gerbang utama pariwisata Indonesia, dimana segala bentuk promosi dapat dilakukan disini. Lewat kerjasama IndonesiaTIC dan FORKAPPSI diharapkan kegiatan promosi pariwisata dapat mengangkat dan memperkenalkan keunggulan potensi daerah," sebutnya.

Direktur pengembangan IndonesiaTIC, Dodi Riadi, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini akan dikembangkan sebuah platform digital berupa Virtual Spaces yang dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan pariwisata dan event lainnya secara online dan juga tidak meninggalkan beberapa kegiatan promosi yang bersifat langsung (offline).

Meski demikian, kata Dodi, pameran seni dan budaya akan tetap menjadi salah satu cara yang ia lakukan sebagai media interaksi, promosi dan komunikasi semua kebudayaan antar daerah di Indonesia.

"Pameran juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas melalui media karya baik itu seni dan budaya," kata Dodi.

"FORKAPPSI merupakan sebuah Forum Komunikasi antar Kantor Penghubung Provinsi dimana masing-masing Kepala Kantor Penghubung tersebut merupakan wakil dari pemerintah provinsi. Kerjasama ini merupakan sebuah bentuk dukungan," sambungnya.

Sementara itu, Ketua FORKAPSI sekaligus Kepala Badan Penghubung Provinsi NTT Donald Izaac menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada IndondesiaTIC yang membuka ruang kerjasama dengan FORKAPSI untuk bersinergi dan berkolaborasi mempromosikan seni dan budaya, destinasi wisata dan produk-produk UMKM dari seluruh provinsi di Indonesia. 

"Kerjasama ini akan dilakukan dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah pagelaran seni dan budaya nusantara, berupa tarian, music, fashion pakaian daerah dan acara/upacara adat yg didesain secara menarik," tutup Donald.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News