Jadikan Lumbung Pangan, Pemerintah Cetak 500 Ribu Hektare di Merauke

Ida Farida
Apr 16, 2024

Kementerian Pertanian cetak sawah baru di Merauke. Foto: Kementan

KOSADATA - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian mencetak sawah baru hingga 500 ribu hektare di Merauke, Papua. Hal ini diungkapkan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman karena menilai lahan di Merauke potensial untuk menjadi lumbung pangan nasional.

"Dulu kami rintis disini sawah 10 ribu Ha dan sekarang produksinya sudah 6 ton per Ha, jadi sudah berhasil. Dulu rencana kita kembangkan 1 juta hektare dan sekarang kita merintis 500 ribu hektare. Ini kita proyeksikan menjadi lumbung pangan masa depan," ujar Mentan dalam keterangannya, Selasa (16/4/2024).

Mentan mengatakan, potensi pertanian di Kabupaten Merauke sangatlah besar terutama dalam memenuhi kebutuhan dalam negeri khususnya di Indonesia bagian timur. Apalagi, saat ini hampir semua negara di dunia tengah dilanda el nino panjang yang membuat produksi mengalami penurunan.

"Potensinya luar biasa. Disini, airnya melimpah. Nah ini kita jadikan kekuatan kita untuk panen. Di saat ini ada el nino, kemudian krisis pangan dunia ini sangat strategis sehingga insya allah ke depan kita tingkatkan indeksnya," katanya.

Untuk diketahui, Kabupaten Merauke sendiri dikenal sebagai etalase perdagangan dan transportasi di wilayah Indonesia Timur, wilayah Pasifik dan Rumpun Melanesia. Merauke merupakan kabupaten di Papua Selatan dengan potensi lahan pertanian 1,2 juta hektare.

Provinsi Papua Selatan terdiri dari 4 kabupaten, 74 distrik, 13 kelurahan, dan 674 kampung. Sedangkan populasi di Merauke mencapai 243.722 jiwa dengan total luas wilayah mencapai 127.280,69 kilometer.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0