Koalisi Perubahan Setuju Anies Baswedan Tentukan Kriteria Calon Wakilnya, AHY: Kami Tidak Ada Masalah

Abdillah Balfast
Jan 26, 2023

KOSADATA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebutkan pihaknya tidak mempermasalahkan jika Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dalam Koalisi Perubahan ditetapkan oleh Anies Baswedan selalu Bakal Calon Presiden (Bacapres).

Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyebutkan pihaknya tidak ada masalah terkait kriteria yang diinginkan oleh Bakal Calon Presiden (Bacapres) Koalisi Perubahan Anies Baswedan.

Pasalnya saat berkunjung ke Bandung (22/1/2023), Anies menyatakan bahwa dirinya akan memilih Bacawapres yang paling berkontribusi pada pemenangan, berkontribusi pada stabilitas koalisi, mendukung efektivitas pemerintahan, dan memiliki chemistry atau Dwi-Tunggal.

"Terkait Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres), sebagaimana telah diketahui, Partai Nasdem menyerahkan penuh kepada Bacapres Anies Baswedan," ujar AHY, Kamis (26/1/2023).

Mengenai kriteria Bacawapres seperti yang disampaikan oleh Anies Baswedan, AHY merasa tidak ada kendala. 

“Terkait kriteria Bacawapres, secara prinsip tidak ada masalah bagi kami. Itu haknya Bacapres,” kata AHY.

Menurut AHY diskusi terkait Bacawapres hendaknya tidak menghambat finalisasi koalisi. 

“Kami rasional saja. Jangan sampai faktor penentuan Bacawapres ini justru menjadi hal yang menghambat bagi terbentuknya Koalisi Perubahan. Untuk itu, Demokrat akan mengajak PKS agar menyerahkan keputusan Bacawapres kepada Bacapres yang kita usung. Dengan demikian, tiga partai memiliki kesetaraan yang sama dalam koalisi,” tutur AHY. 

Selain itu, menurutnya, dengan menyerahkan terkait Bacawapres kepada Bacapres, maka Anies Baswedan akan memiliki independensi dalam menentukan pasangannya, tanpa diintervensi oleh pihak manapun. 

“Sehingga pasangan ini


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0