Komisi VII DPR Kunker ke Jepang, Cek Kereta Bekas yang Mau Diimpor PT KCI

Abdillah Balfast
Mar 07, 2023

KOSADATA - Komisi VII DPR RI membenarkan agenda kunjungan kerja (kunker) ke Jepang pada 6 Maret 2023, guna mengecek taya kelola minyak dan gas di Jepang sekaligus melihat kondisi kereta bekas produksi tahun 1994 yang ngotot ingin diimpor oleh PT. Kereta Cepat Indonesia (KCI).

“Iya betul (kunker), kami memang ada agenda kunjungan kerja ke Jepang dalam rangka meninjau tata kelola industri pengolahan mineral dan migas disana. Dan sekaligus ingin melihat secara langsung kondisi sebenarnya kereta bekas jepang berusia hampir 3 dasawarsa yang membuat PT KCI ngotot untuk mengimpor barang tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Bambang Hariyadi kepada wartawan, yang dikutip Senin (6/3/2023).

“Kebetulan agendanya pas lagi ke Jepang, ya sekalian aja melihat kereta bekas itu. Kita tidak ingin PT. KCI gegabah dalam memilih alat transportasi untuk rakyat. Tragedi kecelakaan kereta Bintaro yang banyak memakan korban harus kita jadikan pengalaman berharga dalam pengelolahan transportasi kereta,” imbuh politisi Gerindra itu.

Bambang menjelaskan, ketersediaan suku cadang juga perlu menjadi perhatian, karena kereta yang akan diimpor oleh PT. KCI adalah produksi tahun 1994. Sehingga, jangan sampai suku cadangnya membuka potensi penyimpangan biaya perawatan.

“Ketersediaan suku cadang harus juga menjadi perhatian, apalagi kereta yang mau di impor PT KCI itu buatan tahun 1994. Jangan sampai entar terjadi praktek penggunaan suku cadang kanibal, yang tidak ada price list harga sehingga membuka ruang untuk penyimpangan biaya perawatan,” terangnya.

Bambang juga tidak ingin impor kereta bekas dari Jepang ini juga menimbulkan masalah


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0