KPU Segera Susun Daftar Pemilih Sementara Pemilu 2024 Dari Hasil Coklit

Abdillah Balfast
Mar 16, 2023

KOSADATA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera menyusun daftar pemilih sementara (DPS) pada Pemilu 2024 mendatang. Penyusunan ini sebagai tindaklanjut atas selesainya tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih secara langsung di lapangan. 

Hal ini dilaporkan Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari dalam forum rapat kerja (Raker) bersama Komisi II DPR bersama penyelenggara Pemilu yang digelar di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (15/3/2023). 

"Pada hari selasa kemarin, 14 Maret 2023 adalah hari terakhir kegiatan Coklit data Pemilih," kata Hasyim dalam paparannya. 

Hasyim menjelaskan bahwa kegiatan Coklit sendiri telah dilaksanakan sejak tanggal 12 Februari 2023 kemarin. Dimana, kegiatan ini dilakukan setelah KPU melakukan sinkronisasi data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) yang diberikan pemerintah dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu terkahir dan juga data pemilih berkelanjutan. 

Setelah kegiatan Coklit ini selesai dilakukan, Hasyim melaporkan bahwa KPU akan langsung masuk pada tahapan selanjutnya guna menindaklanjuti hasil Coklit tersebut. 

"Hasil Coklit ini dijadikan bahan untuk menyusun daftar pemilih sementara," ujarnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0