Mahasiswa ITS Rancang Aplikasi Sarapanku, Gandeng Katering Ingatkan Makan Pagi

Peri Irawan
Jan 31, 2023

KOSADATA - Sejumlah mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bernama Tim Reveluv berhasil merancang aplikasi Sarapanku, sebuah platform pembiasaan sarapan bagi mahasiswa rantau. Mereka sengaja membuat aplikasi itu untuk mengingatkan warga yang selalu abai makan pagi atau sarapan yang selalu menjadi persoalan banyak orang.

Adalah Nur Muhammad Ainul Yaqin bersama Ahmad Ibnu Malik Rahman dan Muhammad Ferdian Iqbal yang membangun aplikasi Sarapanku itu. Ketua Tim Reveluv ITS Nur Muhammad Ainul Yaqin mengatakan, ide untuk mendesain aplikasi ini bermula dari pengalaman pribadinya yang kerap kali terkena sakit maag akibat kebiasaan buruk menunda sarapan.

“Kesibukan kuliah dan organisasi yang cukup padat sejak pagi tidak dipungkiri menimbulkan penyakit yang terlambat disadari,” ujar Nur dilansir laman ITS, Selasa (31/1/2023).

Oleh karena itu, ia bersama timnya pun merancang aplikasi Sarapanku dengan empat fitur utama. Yakni Weekly Subscription Sarapan, AI Generated Menu Recommend, Sarapanku Strike Point, serta Ajak Teman dan Monitor Orang Tua. “Fitur-fitur tersebut dirancang memang difokuskan terhadap masalah sarapan dan pembiasaannya bagi mahasiswa,” terang Nur.

Menurut Nur, fitur Weekly Subscription Sarapan mengharuskan pengguna untuk berlangganan katering sarapan selama seminggu dengan sistem pembayaran yang dilakukan di awal. Bekerja sama dengan mitra katering di sekitar ITS, paket sarapan yang dipilih akan diantarkan setiap harinya ke alamat pengguna mulai pukul 05.00 hingga 08.00 pagi.

Menariknya, Sarapanku juga merancang pengalaman gamifikasi bagi pengguna melalui fitur Sarapanku Strike Point. Dengan fitur ini, setiap harinya poin pengguna dapat terus bertambah apabila mengambil sarapan yang diantar. Poin yang diperoleh dapat digunakan untuk menaikkan level di aplikasi serta menikmati fasilitas promo. “Apabila dalam satu hari pengguna enggan mengambil sarapan, maka poin akan kembali ke nol,” jelasnya.

Adapun


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0