Menparekraf Jajaki Potensi Kerja Sama Bidang MICE dengan Melbourne Convention Bureau

Dian Riski
Feb 21, 2024

Menparekraf Sandiaga Uno bertemu dengan perwakilan dari Melbourne Convention Bureau di Melbourne Convention & Exhibition Centre, Australia, Selasa (20/2/2024). Foto dok Kemenparekraf

KOSADATA  - Dalam kunjungan kerja ke Australia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan perwakilan Melbourne Convention Bureau.

Hal ini dilakukan guna menjajaki kerja sama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara antar kedua negara khususnya untuk segmen wisata Meetings, Incentives, Conferences, and Exhibitions (MICE).

Menparekraf Sandiaga dalam keterangannya di Melbourne Convention & Exhibition Centre, Australia, Selasa (20/2/2024) mengatakan, saat ini jumlah kedatangan wisatawan mancanegara yang berasal dari Australia cukup tinggi.

Di mana sepanjang tahun 2023 jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia mencapai 1.431.177 kunjungan.

"Jika kerja sama antara Melbourne Convention Bureau dan Kemenparekraf dapat lebih ditingkatkan, maka ini akan mempererat dan meningkatkan hubungan bagi Industri MICE antara Indonesia dengan Australia," kata Sandiaga, dikutip dari siaran pers, diJakarta, Rabu (21/2/2024).

Adapun potensi kerja sama yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi promosi, sharing best practice, hingga implementasi green MICE menuju net zero carbon di sektor MICE.

Upaya ini diharapkan dapat memperkuat capaian kunjungan wisman ke Indonesia sebesar 14,3 juta kunjungan di tahun 2024.

Selain itu, ada banyak lagi potensi event MICE tingkat international yang dapat didorong untuk diselenggarakan di Indonesia melalui kerja sama dengan MCB ini.

Melbourne Convention Bureau (MCB) sendiri adalah sekelompok pakar pariwisata dan bisnis yang terdiri dari para profesional berpengalaman di bidang MICE.

Setiap anggota MCB memiliki peran dalam upaya memperkuat


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0