Pakar Nilai Heru Budi Hartono Tipikal Pekerja Keras, Berorientasi pada Karya

Sani Ichsan
Jan 21, 2023

KOSADATA - Pakar komunikasi politik, Dr. Emrus Sihombing menilai, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merupakan tipikal orang yang pekerja keras dan berorientasi pada karya. Karena itu, Heru harus mengkomunikasikan program-program kerjanya kepada masyarakat sehingga kepemimpinannya di Jakarta mendapat dukungan dari berbagai pihak.

“Hasil kerjanya dikomunikaskan, dan Pak Heru harus mengkomunikasikan diri karena orang harus tahu siapa pemimpinnya,” ujar Emrus pada Sabtu (21/1/2023).

Emrus mengatakan, Heru dapat mengumbar nomor ponselnya kepada masyarakat agar bisa berinteraksi langsung dengan warganya. Dengan begitu, kepemimpinan Heru di Jakarta akan menimbulkan chemistry dengan warganya.

Kata dia, berbagi nomor ponsel juga menjadi peluang bagi Heru untuk menerima keluhan atau pendapat masyarakat tentang Jakarta secara langsung. Bahkan Heru dapat mengawasi kinerja anak buahnya yang ada di lapangan berdasarkan pantauan dari masyarakat.

“Jadi nanti ada online langsung kepada Gubernur, karena personal knowledge dari seorang pemimpin itu merupakan hal yang mutlak,” kata Emrus dari Universitas Pelita Harapan (UPH) Jakarta ini.

“Komunikasikan tentang sesuatu hal, apapun itu. Termasuk sosok, pekerjaannya, perencanaannya, programnya, capaiannya dan evaluasi kerja,” lanjut Emrus.

Menurutnya, menjalin komunikasi dengan semua pihak merupakan kewajiban dalam memimpin suatu daerah ataupun negara. Upaya tersebut merupakkan strategi dalam mengenalkan figur Heru sebagai pemimpin baru di Jakarta.

Hal ini berkaca pada latar belakang Heru yang merupakan seorang bikokrat atau PNS, bukan politisi yang mempunyai peluang kampanye. Tetapi, kata dia, Heru merupakan PNS yang mendapat amanah tambahan di jabatan politik, dalam hal ini Gubernur DKI Jakarta.

“Sekarang kan dia Penjabat Gubernur


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0