Pasca Kebakaran, PELNI Alihkan Penumpang KM Umsini ke Kapal Lain

Dian Riski
Jun 10, 2024

Kapal Peni. Foto Dok Pelni

KOSADATA - PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI mengapresiasi tim gabungan yang berasal dari Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan, Pelindo, Lamtamal TNI AL, kepolisian hingga dinas pemadam kebakaran Kota Makassar dalam penanganan kebakaran KM Umsini yang terjadi pada Minggu (9/6) pagi tadi. Kebakaran dapat ditangani dengan cepat tanpa korban jiwa. 

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PELNI Evan Eryanto mengatakan keterlibatan seluruh unsur lembaga serta komunikasi yang baik membuat dampak kebakaran dapat diminimalisir dan ditangani dengan baik sesuai prosedur.

"Situasi dapat dikendalikan dengan cepat, dan saat ini kami melanjutkan fokus untuk memberikan pelayanan bagi penumpang lanjutan," ujar Evan. 

Selain dinas kebakaran Kota Makassar yang menerjunkan 13 unit mobil damkar, pihak Pelindo juga mengerahkan tiga unit kapal tunda. Kebakaran yang diketahui terjadi pada pukul 04.20 WITA berhasil dipadamkan pada pukul 09.03 WITA. 

Saat insiden terjadi, KM Umsini tengah proses sandar di dermaga Pelabuhan Soekarno-Hatta Makassar dan mengangkut 1.677 penumpang dengan tujuan Surabaya, Tanjung Pinang, dan Jakarta. Akibatnya, penumpang lanjutan tersebut diturunkan seluruhnya ke terminal penumpang Makassar karena KM Umsini tidak dapat melanjutkan perjalanan. 

Evan menambahkan, setelah berkoordinasi dengan KSOP, Pelindo dan pemilik kapal swasta, pada Minggu sore sebanyak 419 penumpang KM Umsini dengan tujuan Surabaya diberangkatkan dengan menggunakan kapal milik Dharma Lautan Utama. 

Sementara untuk penumpang tujuan Tanjung Pinang akan diangkut menggunakan KM Labobar


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0