Penuhi Persyaratan Akreditasi, UPI Buka Prodi Ilmu Hukum S1 Tahun Ini

Joeang Elkamali
Mar 19, 2024

UPI mulai membuka prodi Ilmu Hukum S1 Tahun Ini. Foto: ist

KOSADATA - Universitas Pendidikan Indonesia resmi membuka program studi (Prodi) ilmu hukum Program Sarjana pada Fakultas Pendidikan Ilu Pengetahuan Sosial (FPIPS) mulai tahun 2024 ini. Hal ini sejalan dengan terpenuhinya syarat akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Melalui Surat Nomor. 465/BAN-PT/LL/2024.

"Pendirian Program Studi Ilmu Hukum ini diinisiasi sejak 2023 dan berproses sesuai tahapan-tahapan yang dipersyaratkan," ujar Rektor UPI, Prof. Dr. M. Solehuddin, seperti dilansir pada laman resmi UPI, Selasa (19/3/2024).

Prodi Ilmu Hukum UPI ini resmi dibuka pada tanggal 12 Maret 2024, bertepatan dengan 1 Ramadlan 1445 yang lalu. Menurut Solehuddin, prodi Ilmu Hukum ini telah memenuhi persyaratan akreditasi minimum sebagai Program Studi Ilmu Hukum Pada Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia berdasarkan hasil ketetapan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Melalui Surat Nomor. 465/BAN-PT/LL/2024.

Ketua Tim Pengembang Program Studi Ilmu Hukum Program Sarjana FPIPS UPI, Prof. Dr. Cecep Darmawan, mengungkapkan, sasaran yang diharapkan Program Studi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI tersebut adalah terwujudnya pembelajaran berbasis penelitian (research based learning), tercapainya Program Studi S1 Ilmu Hukum berkelas dunia dan peningkatan reputasi internasional di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

"Selain itu, diharapkan terwujudnya pemantapan peran dalam penyelesaian masalah-masalah bangsa dengan pendekatan kerakyatan dan kearifan lokal Indonesia, serta mengangkatnya ke tingkat internasional serta terwujudnya lulusan SDM ahli di bidang hukum yang mampu bersaing secara nasional maupun global," katanya.

Dia menjelaskan, visi Program Studi S1 Ilmu Hukum FPIPS UPI  yaitu menjadi Program Studi Pelopor (Leading) dan Unggul (Outstanding) berbasis riset untuk


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0