Rekonstriksi Rumah Gempa Cianjur Dipercepat

Dian Riski
Feb 02, 2023

KOSADATA - Tim Insinyur Muda Kementerian PUPR langsung terjun ke lapangan untuk membantu masyarakat terdampak bencana. 

Tim yang terdiri dari 99 orang CPNS Tim 1 dan Tim 2 ini langsung bergabung dengan Tim Teknis Daerah yang dibentuk oleh Pemerintah Daerah untuk mempercepat penanganan pasca bencana gempa di Cianjur.

Perekayasa Ahli Madya Direktorat Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan sekaligus Koordinator Mentor bagi Tim Insinyur Muda Kementerian PUPR, Johny FS Subrata mengatakan, peran Tim Insinyur Muda Kementerian PUPR tersebut utamanya untuk melaksanakan pendampingan teknis kepada masyarakat dalam rangka rekonstruksi rumah terdampak bencana gempa bumi Cianjur.

“Tim Insinyur Muda tersebut akan mendampingi masyarakat mulai dari melaksanakan Sosialisasi Rumah Tahan Gempa (RTG), membuka klinik RTG di desa sehingga masyarakat dapat langsung berkonsultasi teknis mengenai bangunan RTG yang akan mereka bangun, serta mendampingi masyarakat saat melaksanakan pembangunan RTG,” jelas Johny.

Johny juga menambahkan, Tim Insinyur Muda ini harus memastikan rumah yang dibangun oleh masyarakat telah memenuhi spesifikasi teknis sebagai RTG.

“Setelah mendapatkan sosialisasi, masyarakat berhak memilih akan membangun RTG secara konvensional maupun menggunakan aplikator Domus atau Rumbako.  Para Insinyur muda ini akan mendampingi mulai dari penyusunan RAB, proses desain, hingga memastikan proses pembangunan RTG sesuai dengan spesifikasi teknisnya,” jelas Johny.

Di lapangan, Tim Insinyur Muda Kementerian PUPR tersebut terbagi menjadi 9 kelompok. Masing-masing kelompok bertugas untuk melaksanakan pendampingan di 1-2 kecamatan. Seperti misalnya kelompok 6 yang mendapatkan tugas pendampingan di Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur.

Kepala Desa Ciputri Nia Novi


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0