Sukses Persatukan Kesultanan, Eki Pitung Raih Penghargaan MURTI

Abdillah Balfast
Feb 28, 2023

KOSADATA - Putra Betawi Mohammad Rifky atau Eki Pitung menerima penghargaan Golden The Chipman and Culture Award dari Museum Rekor Terhebat Indonesia (MURTI). Prosesi pemberian penghargaan tersebut berlangsung di Kedaton Nusantara TMII, Jakarta Timur, Kamis (24/2/2023).

Eki Pitung dinilai layak menerima anugerah MURTI karena dianggap mampu mempersatukan para kesultanan dan pemangku adat Nusantara saat Musyawarah Agung Nusantara, di Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Bandung Jawa Barat pada Minggu (5/2).

Penghargaan MURTI diserahkan oleh Guru Besar Universitas Indonesia Bidang Budaya Prof Bambang Wibawarta yang didampingi Prof Muh Asdar.

"Penghargaan ini diberikan kepada yang mulia Datuk Rajawali M Rifqi Eki Pitung Gajh Ahmada atas pencapaian dan prestasi yang sangat luar biasa sebagai Ketua Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara yang diselenggarakan di Gedung Asia Afrika, Jalan Merdeka, Bandung," kata mantan Manajer Budaya TMII, Mas'ud Thoyib.

Penghargaan MURTI itu sendiri ditandatangani oleh Pangeran Nata Adiguna Mas'ud Thoyib, Sri Sultan Iskandar Mahmu Badaruddin, Prof  Muha Asdar dan Ketua Presidium Majelis Cendekiawan Keraton Nusantara.

Sebelumnya, Musyawarah Agung Nusantara, di Gedung Merdeka, dihadiri 198 kesultanan dan raja Nusantara, 30 tokoh adat, budayawan, ulama, dan 20 orang pejuang 45.

Diketahui mereka mempercayakan Eki Pitung untuk memimpin Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara (Bapama).

Merespons pemberian anugerah MURTI tersebut, Eki Pitung mengaku terkejut bercampur haru karena tidak percaya bahwa ada putra Betawi diberikan penghargaan prestisius tersebut.

"Jujur saya bermimpi pun tidak, kok bisa meraih penghargaan ini,"


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0