Tak Becus Tangani Banjir, Heru Budi Didesak Ganti Pejabat Terkait

Widihastuti Ayu
Mar 03, 2023

KOSADATA - Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono didesak untuk segera mengganti pejabat di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang tidak becus menangani banjir. Hal ini penting dilakukan agar ritme kerja pejabat DKI hingga tingkat bawah seirama dengan program strategis Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Tentang masalah banjir Jakarta, Heru Budi harus segera mengevaluasi kinerja pejabat terkait. Bila lamban menangani banjir, segera ganti," ujar Ketua Koalisi Rakyat Pemerhati Jakarta Baru, Sugiyanto dalam keterangan tertulis, Kamis (2/3/2023).

Menurutnya, jika Heru Budi Hartono lamban menganti pejabat DKI Jakarta baik walikota/bupati, kepala dinas atau pejabat lainnya, maka program strategis daerah diyakini akan molor juga, termasuk dalam penanggulangan banjir Jakarta.

"Semua ini penting dilakukan untuk tujuan penyegaran. Selain itu, Pj Gubernur Heru juga penting untuk menjalankan metode motivasi reward dan punishment dan merit sistem pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di DKI Jakarta," katanya.

Di sisi lain, tegasnya, Heru Budi Hartono pun harus bisa melakukan efesiensi dan penyisiran anggaran daerah. Menurutnya, anggaran  belanja daerah yang bersifat pemborosan wajib dipangkas.

"Jakarta ini kota dengan anggaran sangat besar. Pada era eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saja, total APBD Pemprov DKI Jakarta berkisar Rp. 400 triliun. Namun masalah banjir, macet dan sampah termasuk pembangunan pengohan sampah modern (ITF) tak kunjung rampung. Ini baru  tentang tiga masalah klasik Jakarta, belum lagi masalah lainnya," ungkapnya.

Bila


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0