|

Tim Kapal Robot ITS Pertahankan Juara Dunia ke-5 di Amerika Serikat

Peri Irawan
Apr 01, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Tim Barunastra, tim kapal robot Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional. Tim roboboat andalan ITS ini berhasil mempertahankan gelar juara 1 untuk kali ke-5 pada ajang bergengsi International Roboboat Competition (IRC) 2023 di Sarasota, Florida, Amerika Serikat.

General Manager Barunastra ITS 2023, Fariz Rayyan Januar mengungkapkan, pihaknya membawa kapal baru dalam IRC 2023 itu, yakni kapal Nala Proteus. Dalam ajang ini, tim Barunastra ITS berhasil meraih dua penghargaan sekaligus di ajang berskala internasional.

"Penghargaan tersebut adalah Juara 1 Grand Champion dan Juara 2 Design Documentation International Roboboat Competition 2023," ujar Rayyan seperti dilansir laman resmi ITS, Sabtu (1/4/2023).

Menurutnya, tim Barunastra ITS berkompetisi dengan 24 tim dari berbagai negara di dunia, termasuk di antaranya kampus teknologi kenamaan Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika Serikat.

Anggota Tim Barunastra ITS itu menjelaskan bahwa terdapat dua kategori pada perlombaan kali ini. Pertama adalah kategori autonomous dari roboboat yang dibuat, yaitu melombakan seberapa cakap kapal yang dibuat dalam bergerak secara otomatis, dan kedua adalah kategori design documentation.

Pada kategori design documentation terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui, ya