Awalnya Takut Petir, Seorang Anak Jadi Korban Banjir di Lombok Barat

Ida Farida
Feb 14, 2023

KOSADATA - Seorang anak berusia delapan tahun menjadi korban banjir yang terjadi di Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, Senin (13/2). Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Barat Khalid, dalam sambungan telepon menuturkan bahwa korban meninggal setelah tertimbun tembok halaman rumah yang roboh diterjang banjir. Pada saat kejadian, sang korban sedang ditemani neneknya tidur di bale-bale.

"Kejadiannya begitu cepat (banjir bandang). Karena anak ini takut dengan petir, kemudian minta tidur di bale-bale depan rumah ditemani nenek. Seketika itu banjir datang dengan cepat menerjang tembok halaman rumah lalu roboh. Si nenek selamat, namun anak ini tidak terselamatkan," tutur Khalid dalam keterangan tertulis, Selasa (14/2/2023).

Menurut Khalid, banjir terjadi setelah dipicu oleh curah hujan yang tinggi sejak Minggu (12/2) pukul 10.00 WITA hingga Senin (13/2) pagi. Selain itu, beberapa drainase juga mengalami penyempitan oleh sedimentasi maupun sampah dan faktor lain. Oleh sebab itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan lintas instansi untuk mengatasi permasalahan tata kelola lingkungan.

"Hujan awalnya gerimis sejak Minggu malam (12/2). Kemudian deras sampai Senin pagi (13/2). Beberapa sistem drainase juga sepertinya memang banyak sumbatan," jelas Khalid.

"Kami akan berkoordinasi dengan instansi-instansi yang ada untuk memperbaiki saluran air dan sebagainya sebagai antisipasi bencana susulan. Curah hujan masih tinggi," imbuhnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), banjir di Kabupaten Lombok Barat telah berdampak pada 2.089 KK yang


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0