Berhasil Atasi Polusi, Pakar Lingkungan Acungi Jempol Heru Budi

Sani Ichsan
Sep 13, 2023

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mendapatkan apresiasi karena berhasil menekan polusi udara di Jakarta. Foto: kosadata.com

KOSADATA - Dewan Pakar Koalisi Kawali Indonesia Lestari (Kawali), Dodo Sambodo mengapresiasi strategi penanganan polusi udara Jakarta, diantaranya dengan diterbitkannya Keputusan Gubernur 576 tahun 2023 Tentang Strategi Pengendalian Pencemaran Udara yang diteken Penjabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

 

Menurut Dodo, sejumlah upaya yang dilakukan secara sinergi dengan melibatkan seluruh stakeholder sangat efektif untuk penanganan jangka pendek. Langkah tersebut, kata Dodo, patut diacungi jempol.

 

"Kerja satgas saya akui efektif dan layak diacungi jempol, kita apresiasi. Bahwa jangka pendek harus selesai, selesaikan cepat karena lingkungan tidak boleh kolaps. Tapi software dan hardware nya juga harus diperbaiki, ke depan masalah polusi udara ini akan terjadi lagi kalau hanya mengandalkan penanganan jangka pendek," ujar Dodo Sambodo, Rabu (13/9/2023).

 

Dodo pun mengapresiasi tindakan tegas pemerintah yang menutup industri industri sumber pencemaran. Namun demikian, Dodo berpesan agar pemerintah tidak merasa cukup dengan melalukan penindakan tegas tersebut. 

 

"Industri berbasis PLTU yang masih ada di dalam kota, harus dikeluarkan. Kemudian kalau berani semua gedung dan bangunan di Jakarata beralih dari PLTU ke PLTS. Atapnya dipasang PLTS, nah itu akan efektif. Kita harus mendukung penggunaan blue energy," ungkapnya.

 

Dodo menjelaskan, yang dimaksud Software dan hardware itu yakni sistem atau regulasi dan implementasi kebijakan. Dia mengatakan, penanganan jangka panjang seperti penanaman pohon, perluasan lahan hijau dan penggunaan transportasi publik harus lebih ditingkatkan lagi.

 

"Program penanaman


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0