|

Ferdy Sambo Dituntut Seumur Hidup, Mahfud MD Sebut Tingkat Kepercayaan Polri di Masyarakat Turun Drastis

Abdillah Balfast
January 18, 2023
0
1 minute

KOSADATA - Ferdy Sambo dituntut hukuman seumur hidup oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) atas dugaan kasus pembunuhan berencana Brigadir J.

Gegara hal ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sempat menurun drastis. 

Padahal sebelumnya, kata Mahfud MD, tingkat kepercayaan Polri paling tinggi di antara lembaga pemerintah lainnya.

Mahfud menjelaskan, pada awal 2022 lalu, Polri memberi kontribusi terbesar kepercayaan publik kepada pemerintah dengan angka mencapai 87 persen. 

"Kita mungkin perlu memberi apresiasi kepada polri yang pada awal tahun 2022 memberi kontribusi terbesar kepercayaan publik kepada pemerintah karena keamanan," kata Mahfud saat Rakornas Kepala Daerah, di SICC, Kabupaten Bogor, Selasa (17/1/2023).

"Kalau rata rata kepercayaan publik itu 76 kepada pemerintah, polri saat itu sudah 87 kalau tidak salah, di atas rata rata kepercayaan publik. Sehingga 76 itu banyak yang di bawahnya, sektor lain," katanya lagi. 

Namun, angka tersebut menurun drastis ketika kasus pembunuhan berencana yang dilakukan mantan Kadiv Propam Polri Ferdy Sambo mencuat ke permukaan. 

"Tetapi pada bulan Juli turun drastis ketika terjadi peristiwa Sambo," ucapnya. 

Kendati demikian, Mahfud mengatakan jika Polri mulai bangkit, dan tingkat kepercayaan publik pun perlahan naik, seiring dengan penyelesaian kasus Sambo. 

"Agustus, September mulai naik lagi , dan sampai sekarang mulai naik lagi tapi belum mencapai titik optimal yang pernah dicapainya, nah oleh sebab itu ini yang harus kita jaga ke depan," katanya.

Related Post

Post a Comment

Comments 0

Trending Post

Latest News