Hadapi Kasus Indosurya, Mahfud MD Ajak Tiru Cara PDIP

Ida Farida
Jan 31, 2023

KOSADATA - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD mengajak kepolisian untuk menuntaskan kasus Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya dengan cara tak biasa. Dia mengajak aparat untuk meniru cara-cara PDIP dalam memperjuangkan hak-hak rakyat.

"Menghadapi kasus spt Indo Surya ini, mungkin kita perlu meniru cara PDIP ketika memperjuangkan hak-haknya saat digencet scr politik menjelang reformasi tahun 1998," ujar Mahfud dalam akun twitter pribadinya, Selasa (31/1/2023).

Menurutnya, PDIP mengajukan tuntutan di berbagai Pengadilan di seluruh Indonesia secara terus menerus. Mahfud juga mengapresiasi Bareskrim Polri yang terus menerus berupaya mengungkap kasus Indosurya hingga ke akar-akarnya.

"Bareskrim, bagus👍🏻ayo🇲🇨. Kita sudah rapat kordinasi. Sita asetnya, buru orang-orangnya sampai kemana pun. Kita kuat-kuatan saja, cicil kasusnya dimunculkan satu persatu sesuai tempus delicti dan locus delicti masing-masing. Negara tak boleh kalah," kata Mahfud.

Terpisah, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto mengklaim sudah mengambil sejumlah tindakan. Satu di antaranya berkoordinasi dengan Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Fadil Zumhana. Dia berharap, Kejaksaan bisa memberikan efek jera untuk pihak yang terkait kasus ini.

"Saya sudah minta kepada Pak Jampidum di depan rapat sepanjang Kejaksaan komit untuk satu tujuan memberi efek jera kepada yang lain, kami akan sidik parsial, biar habis waktu dan duitnya di penjara," imbuhnya.

Lebih lanjut, Agus memastikan jajarannya terus memburu tersangka lainnya, yaitu Direktur Operasional KSP Indosurya Suwito Ayub yang terdeteksi di luar negeri. Namun, dia enggan bicara lebih banyak terkait upaya yang sudah dilakukan dalam pencarian Suwito.

"Teknis silakan ke Dirtipideksus [Direktorat


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0