Hari Perempuan Internasional: Wanita Indonesia Inspratif Bangun UKM Ramah Lingkungan

Widihastuti Ayu
Mar 07, 2023

KOSADATA, SELASA (07/03/2023)-Perkembangan teknologi telah membuka banyak peluang bagi banyak orang, termasuk wanita dengan profesinya. Kini semakin banyak peluang bagi perempuan untuk mewujudkan potensi diri, meniti karir, bahkan menjadi pengusaha perempuan. Jumlah pengusaha wanita di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya.

Menjelang Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret, Indonesia memperkenalkan perempuan-perempuan hebat dalam bidang UKM (Usaha Kecil Menegah). Siapa sangka hampir setengah populasi dari seluruh UKM di negara ini pengembang Industrinya adalah perempuan. Apalagi kini muncul perempuan inspiratif dari seluruh Indonesia yang memperkenalkan produk UKM bahan ramah lingkungan kepada seluruh dunia. 

Berawal dari kecintaannya pada lingkungan hidup, para perempuan-perempuan inspiratif ini menemukan peluang bisnis yang membawanya menyabet berbagai penghargaan, baik dalam wirausaha maupun pelestarian lingkungan.

Berikut adalah kisah-kisah perempuan yang menginsiprasi dari seluruh Indonesia yang hanya memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dan mengekspor produk UKM Indonesia ke negara lainnya, seperti Asia dan Eropa.

 

[Foto]-HaluanBali_-Busana-ramah-lingkungan-yang-mengintegrasikan-teknologi-terkini.jpg

Kisah itu berawal dari Defria Kirana (34) yang memulai karir barunya dalam bidang fesyen setelah memutuskan resign dari pekerjaannya untuk memulai usaha pada tahun 2019. Saat itu, ia mulai memperkenalkan dengan merek HaluanBali dengan berkonsep fesyen sustainable di Bali yang menggunakan teknologi untuk menceritakan kepada pelanggannya kisah dibalik setiap produk. "Begini, awalnya usahaku yaitu merek HaluanBali dimulai tahun 2019 ini hanya menggunakan bahan ramah lingkungan namun dipadukan dengan digital printing," jelas dia dengan Kosadata.com, Selasa (07/04/2023).

Adapun kata dia, produknya yang benar-benar membedakan dengan produk lainnya, yaitu dapat terintegrasi dengan teknologi


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0