KPK Periksa Sekretaris MA Terkait Dugaan Suap Hakim Agung

Joeang Elkamali
Mar 10, 2023

KOSADATA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Sekretaris Mahkamah Agung (MA), Hasbi Hasan di Gedung KPK, Jakarta Selatan, Kamis (9/3/2023). Hasbi diperiksa sebagai saksi suap yang diduga menjerat Hakim Agung, Gazalba Saleh.

“(Hasbi Hasan) didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan penanganan perkara di MA,” ujar Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada awak media.

Dalam pemeriksaan itu, Hasbi juga didalami keterangannya mengenai dugaan aliran dana yang diterima sejumlah pihak dalam pengurusan perkara Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Intidana.

Uang tersebut diduga diberikan melalui perantara pengacara debitur Intidana, Heryanto Tanaka bernama Theodorus Yosep Parera.

“Didalami kembali dugaan adanya aliran uang ke beberapa pihak terkait dalam pengurusan perkara Heriyanto Tanaka,” ujar Ali.

Tak hanya itu, Hasbi juga didalami keterangannya mengenai status kepegawaian Gazalba Saleh.

“Sekaligus tim penyidik melakukan penyitaan dokumen dari saksi terkait dengan administrasi kepegawaian dari tersangka Gazalba Saleh,” ujar Ali.

Sebelumnya, Hasbi dijadwalkan diperiksa sebagai saksi pada Selasa (7/3). Namun, Hasbi mangkir dan tidak memberikan keterangan apapun.

Pada 12 Desember 2022, Hasbi juga diperiksa KPK terkait kasus jual beli perkara di MA. Saat itu, ia juga menjadi saksi dugaan suap Gazalba Saleh. ***

Related Post

Post a Comment

Comments 0