Masjid Istiqlal Siapkan Ribuan Boks Takjil untuk Buka Puasa Bersama di Bulan Ramadan 1445 H

Abdillah Balfast
Mar 10, 2024

Masjid Istiqlal siapkan takjil dan makanan buka puasa selama Ramadan

KOSADATA - Sejumlah persiapan telah disiapkan oleh pihak Masjid Istiqlal menjelang bulan Suci Ramadan 1445 Hijriyah, salah satunya dengan program buka puasa bersama dengan para jemaah yang hadir.

Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI), Ismail Cawidu menyebut pengurus Masjid Istiqlal nantinya menyiapkan ribuan boks takjil untuk buka puasa bersama.

“Kita sudah merencanakan dari hari Senin-Kamis, kita menyediakan kurang lebih 4 ribu boks untuk 4 ribu jamaah setiap hari Senin-Kamis. Namun untuk Jumat-Minggu kita tingkatkan jadi 6 ribu boks per hari,” kata dia kepada wartawan, Minggu (10/3/2024).

Ismail mengatakan penyediaan konsumsi untuk para jemaah Masjid Istiqlal itu melalui catering bukan volunteer dapur umum. 

“Bukan (volunteer), karena kalau kita pakai volunter itu agak lambat ya. Kemudian capeknya luar biasa yang ada kita kembalikan lagi masyarakat untuk kita minta mereka untuk menyediakan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, pihaknya tidak membuka dapur umum lantaran untuk menghindari terjadinya keterlambatan dalam pengiriman makanan.

“Karena untuk jumlah segitu nggak mungkin kalau dapur umum begitu. Kita pastikan setiap hari makanan 4-6 ribu itu jam 4 udah standby di Istiqlal. Karena jamaah jam 4 udah pada datang. Jadi kita bagikan sampe berbuka bersama,” ungkapnya.

Lebih jauh, ia menuturkan buka puasa di Masjid Istiqlal ini tak hanya diikuti oleh para masyarakat biasa. Melainkan sejumlah pejabat juga akan hadir guna melaksanakan berbuka puasa dan menunaikan ibadah salat.

“Ada beberapa (pejabat) yang sudah meminta waktu, misal Pak Gubernur di hari pertama, kedua beliau sudah menjadwalkan untuk


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0