Mendikbud Dongkrak UMKM dari Objek Kebudayaan Garut

Widihastuti Ayu
Mar 05, 2023

KOSADATA – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia bekerja sama dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Garut menggelar acara Sosialisasi Pemanfaatan Objek Kebudayaan di Garut sebagai potensi modal UMKM Pada Sabtu (4/3/2023) di Yayasan Al Musaddadiyah Garut.

Wilayah Garut disebut mempunyai integritas nilai yang tinggi terhadap cagar budaya daerah. Adapun nilai-nilai yang ditekankan dalam inventarisasi cagar budaya ini adalah memperkenalkan potensi budaya daerah setempat, mampu menjadi sumber ekonomi masyarakat.

Anggota Komisi X DPR RI, Ferdiansyah menjelaskan dengan berkolaborasi dengan dewan pusat diharapkan dapat terkelola dengan baik, dan bisa meningkatkan perekonomian, khususnya bagi daerah-daerah di Kabupaten Garut yang memiliki cagar budaya.

“Dengan adanya pemajuan dan pengembangannya cagar budaya. Kami berharap bisa terus dikembangkan dan menjadi penggerak ekonomi. Khususnya terkait potensi UMKM, karena dari sisi budaya bisa membantu mendorong ekonomi daerah,” kata Ferdiansyah dengan Kosadata.com, Sabtu (4/3).

Sebagai Perwakilan Dapil Jawa Barat XI ini mengatakan bangga sebagai Kabupaten Garut, karena kaya dengan cagar budaya dari teknologi, seni , sejarah, bahasa, olahraga, permainan rakyat hingga makanan lokalnya. Sehingga, sampai saat ini dikenal disetiap wilayah daerah dengan ciri khasnya.
“Tentunya, saya bangga dengan Kabupaten Garut yang maju akan berbudaya dan kaya akan cagar budaya peninggalan nenek moyang. Apalagi, kini Kabupaten Garut sudah punya tagline budaya. Sehingga hari ini kita diskusi tentang budaya yang akhirnya bertujuan untuk kesejahteraan daerah,” kata dia.

Lebih lanjut, dia menjelaskan cagar budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha UMKM masyarakat melalui mengembangkan resep-resep masakan kuliner khas Garut yang diketahui


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0