Prasangka Baik untuk Surya Paloh, Jaga Keharmonisan Koalisi Pemerintahan

Sani Ichsan
Feb 06, 2023

KOSADATA - Manuver Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem), Surya Paloh bertemu dengan sejumlah pimpinan partai politik saat isu reshuffle mencuat ditenggarai sebagai upaya meredam kegaduhan di tubuh koalisi pemerintahan.

"Ada kesan, Surya Paloh diminta menemui ketum partai koalisi pendukung pemerintah. Tujuannya untuk mendinginkan suasana kegaduhan di internal partai koalisi," kata Pengamat Politik Universitas Esa Unggul, Jamiluddin Ritonga saat dihubungi di Jakarta, Senin (6/2/2023).

Terlebih, lanjut dia, setelah menyatakan penuh mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden, NasDem terus mendapat sorotan tajam ihwal hubungannya dengan koalisi pemerintahan, terutama dengan Presiden Joko Widodo.

"Kalau Surya Paloh bertemu Ketum Golkar dan berencana ketemu Ketum PDIP, tampaknya hal itu permintaan dari Istana. Sebab, hal itu dilakukan Surya Paloh setelah bertemu Presiden Joko Widodo di Istana," ujarnya.

Lebih lanjut Jamiluddin menuturkan safari politik Surya Paloh yang bertemu sejumlah pemimpin partai politik dan Presiden Joko Widodo bukan untuk menarik dukungan terhadap Anies Baswedan. Melainkan upaya untuk menjaga keharmonisan hubungan antar sesama koalisi pemerintahan.

"Jadi, safari politik Surya Paloh ke partai koalisi pemerintah tidak bermaksud untuk mengabaikan Koalisi Perubahan, apalagi meninggalkan Anies. Koalisi Perubahan tampaknya akan tetap solid meskipun Nasdem mendapat tekanan dari partai pendukung Jokowi," tandasnya.***

Related Post

Post a Comment

Comments 0