Putusan PN Gak Ngaruh, Kemendagri Pastikan Pemilu 2024 Sesuai Jadwal

Abdillah Balfast
Mar 20, 2023

KOSADATA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memastikan penyelenggaraan Pemilu 2024 dilaksanakan sesuai jadwal. Hal itu ditegaskan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar kemarin.

Menurutnya, kepastian itu dibuktikan dengan penyelenggara negara di luar Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang telah siap dalam menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024.

Dikatakan Bahtiar, meskipun sejumlah isu membayangi pergelaran Pemilu 2024, hal tersebut dianggap sebagai bagian dari tantangan, bukan halangan untuk menyelenggarakan pesta demokrasi lima tahunan.

Bahtiar mengatakan pemerintah beserta para penyelenggara pemilu, baik KPU, Bawaslu, maupun DKPP, dalam tiga tahun terakhir telah menyiapkan semuanya untuk penyelenggaraan Pemilu 2024.

“KPU bahkan telah melakukan rekrutmen penyelenggara pemilu di level kecamatan dan kelurahan untuk menyukseskan pemilu,” kata Bahtiar dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (16/3).

Bahtiar menuturkan, ada empat indikator dalam mencapai penyelenggaraan pemilu yang sukses. Pertama, pemilu berjalan aman dan lancar. Untuk mendukung hal ini, Kemendagri telah melakukan rapat-rapat bersama TNI/Polri serta Kejaksaan Agung untuk mendukung keamanan Pemilu 2024.

Kedua, partisipasi publik, di mana Kemendagri secara rutin menggelar webinar guna mengajak seluruh komponen masyarakat menyukseskan Pemilu 2024. Kegiatan tersebut telah dilakukan empat bulan terakhir.

Ketiga, penyelenggaraan pemilu tidak memicu konflik sebagaimana yang disampaikan Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian. Menurut Bahtiar, pers berperan mencegah kemunculan konflik dalam pemilu.

Keempat, pembangunan nasional dan daerah tetap berjalan di tengah pelaksanaan Pemilu 2024. Terkait hal tersebut,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0