Sesumbar Janji Jakpro Tuntaskan Proyek LRT Velodrome-Manggarai Akhir 2024

Bambang Widodo
Feb 10, 2023

KOSADATA - PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang ditugaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sesumbar berjanji akan menuntaskan proyek kereta ringan atau light rapid transit (LRT) Jakarta pada akhir 2024. Padahal, kelanjutan proyek LRT Jakarta membutuhkan dana hingga Rp5 triliun lebih.

"Proyek pembangunan Lintas Raya Terpadu (LRT) Jakarta Fase 1B rute Velodrome – Manggarai ditargetkan selesai pada penghujung 2024. LRT Jakarta rute Velodrome – Manggarai ini diharapkan dapat memudahkan mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda angkutan umum di Jakarta seperti KAI Commuter Line dan MRT Jakarta," ujar Vice President Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Syachrial Syarif dalam keterangan tertulis, Jum'at (10/2/2023).

Menurutnya, LRT Jakarta akan menjadi bagian integrasi dengan Stasiun Manggarai yang diproyeksikan sebagai stasiun sentral yang menjadi pertemuan berbagai moda transportasi publik. Secara rinci, ungkapnya, rute Fase 1B ini akan mencapai jarak 6,4 kilometer dengan 5 stasiun, yang ditargetkan membawa 180.162 penumpang, atau minimal 80.000 – 100.000 penumpang per hari dengan target konstruksi awal dimulai pada paruh pertama 2023.

"Saat ini, Jakpro bersama Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas terkait serta Kementerian Perhubungan Republik Indonesia (Kemenhub) terus berkoordinasi dalam melakukan upaya pengentasan kemacetan, dengan menggalakkan angkutan umum di Jakarta melalui ketersediaan banyak pilihan moda transportasi publik," ungkapnya.

Dia memastikan, Kemenhub pun berharap, upaya yang dilakukan oleh DKI Jakarta dapat menjadi contoh untuk kota-kota lain. Terlebih, ucapnya, pembangunan LRT Jakarta Fase 1B ini juga


1 2 3

Related Post

Post a Comment

Comments 0