Tekan Angka Stunting, Pj Gubernur DKI Heru Imbau Ibu Hamil Rajin Periksa ke Faskes dan Perhatikan Gizi

Abdillah Balfast
Feb 01, 2023

KOSADATA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengimbau kepada ibu hamil rajin memeriksakan kehamilan ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) baik Posyandu, Puskesmas, hingga RSUD. 

Hal itu untuk menjaga asupan gizi saat mengandung sehingga bisa menekan angka stunting pada anak. Diketahui di Jakarta terdapat kurang lebih 140 ribu ibu hamil.

“Saya imbau ibu-ibu hamil untuk lebih rajin. Konsisten memeriksa kehamilannya ke Puskesmas, ke Posyandu. Kami dengan Kementerian Kesehatan langsung bisa intervensi jika ibu hamil kekurangan gizi. Perilaku ibu-ibu hamil juga harus disiplin, baik makannya, jaga kesehatan, hingga harus cek rutin," kata Heru kepada awak media di Balai Kota, Jakarta, Rabu (1/2/2023).

"Sehingga bisa kami kontrol. Sehingga begitu melahirkan, sudah bisa kita cegah stunting. Pencegahan yang paling mudah dan murah itu di posisi saat ibu hamil,” tuturnya lagi.

Sejalan dengan arahan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Heru akan fokus memberikan pengawasan gizi dalam tiga periode penting pertama, ibu saat hamil; kedua, bayi umur 6-11 bulan; dan ketiga, bayi usia 12-23 bulan.

Sebelumnya, Budi Gunadi mengatakan program penanganan stunting antara Pemprov DKI dan Kemenkes juga harus disinkronisasikan. Program tersebut difokuskan dalam tiga kelompok, yaitu kelompok ibu hamil karena risiko stunting paling tinggi terjadi sebelum melahirkan, kelompok bayi usia 6-11 bulan, dan bayi usia 12-23 bulan karena membutuhkan makanan tambahan di luar ASI, utamanya protein hewani.

“Kita sudah setuju, mulai


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0