Pengamat Sebut Zaki Cocok Jadi Menpora, Gantikan Zainudin Amali

Bambang Widodo
Mar 15, 2023

KOSADATA - Kursi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) resmi kosong setelah Zainudin Amali menyatakan mundur dari jabatan Menpora. Zainudin beralasan pengunduran itu dilakukan untuk fokus membenahi sepak bola nasional di bawah payung PSSI.

Direktur Political and Poblic Policy Studies (P3S), Jerry Massie berpendapat sosok yang tepat menggantikan posisi Zainudin Amali harus memiliki kemampuan  yang cakap di bidang kepemudaan dan olahraga.

Oleh sebab itu, ia berharap agar Presiden Joko Widodo dapat memilih pengganti yang mampu meningkatkan prestasi anak muda khususnya di bidang olahraga.

"Pertama menguasai bidang baik bidang kepemudaan ormas dan lembaga dan senang olahraga juga," ujar Jerry kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Jerry mengusulkan kandidat nama calon pengganti Zainudin Amali jatuh kepada Tantowi Yahya, Ace Hasan Syadzily dan Ahmed Zaki Iskandar.

Menurutnya, ketiga nama itu merupakan kader terbaik partai Golkar yang sudah teruji kapasitasnya dan memiliki banyak pengalaman.

"Saya melihatnya pertama mereka ini muda, Tantowi Yahya (Duta Besar), Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dan terakhir Bupati Tangerang sekaligus Ketua DPD Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar, semua ini kader Golkar potensial," katanya.

Jerry menuturkan, alasan Presiden Joko Widodo harus memilih pengganti Zainudin Amali dari kalangan muda potensial semata-mata untuk meningkatkan prestasi olahraga Indonesia dikancah internasional.

Terlebih, sambung dia, banyak event besar sudah menanti, karena itu dibutuhkan sosok yang memiliki etos kerja dan mampu memberikan trobosan melalui program kerja yang signifikan dimulai dari meningkatkan infrastruktur semua cabang olahraga.

"Yang tadi itu tiga nama punya prestasi juga punya kapabilitas dan integritas. Jadi ketum Airlangga saya sarankan untuk


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0