Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Dinas PPKUKM DKI Serahkan Sertifikat Halal untuk UMKM

Peri Irawan
Sep 19, 2023

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menyerahkan sertifikat halal kepada pelaku UMKM di Jakarta. Foto: PPID Jakarta

KOSADATA - Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menyerahkan ratusan sertifikat halal untuk pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Jakarta. Pemberian sertifikat halal ini dilakukan agar UMKM di Jakarta naik kelas yang bisa memasarkan produknya ke kalangan yang lebih luas. 

 

"Dinas PPKUKM DKI Jakarta juga menyerahkan sertifikat halal kepada sebanyak 261 peserta fasilitasi Sudin PPKUKM Jakarta Pusat tahun 2023," ujar Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo saat membuka Bazar Bulanan Balai Kota, Selasa (19/9/2023).

 

Bazar bertema Karya Hebat untuk Jakarta ini diikuti sebanyak 44 pelaku UMKM binaan dari seluruh OPD pengampu Jakpreneur, Dekranasda dan PKK wilayah kota Jakarta Pusat. Rinciannya, 27 UMKM kuliner, tujuh UMKM fesyen, 10 UMKM kerajinan atau kriya dan satu UMKM tanaman hias.

 

Menurutnya, pelaksanaan bazaar ini merupakan wujud nyata peningkatan ekonomi kerakyatan dan rasa cinta produk dalam negeri.

 

“Bazar ini juga bagian dari pembinaan yang dilakukan oleh Dinas PPKUKM Provinsi DKI Jakarta sebagai salah satu langkah Peningkatan Promosi Produk Kreatif dan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) serta Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI),” kata Ratu. 

 

Dia menjelaskan, sektor UMKM mempunyai peranan strategis dalam upaya mempertahankan pertumbuhan sektor riil sehingga dapat berjalan dengan baik. Selain itu, industri kecil dan menengah juga memiliki kemampuan untuk bertahan terhadap terpaan krisis ekonomi.

 

Namun demikian, sambungnya,


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0