Minim Pengawasan di Daerah, 615,6 Ribu Ton Sampah Plastik Cemari Laut

Ida Farida
Apr 16, 2024

BRIN ungkap 615 ribu ton lebih sampah plastik cemari laut. Foto: ist/KLHK

KOSADATA - Koordinator Tim Koordinasi Nasional Penanganan Sampah Laut, Ahmad Bahri Rambe menuturkan, berdasarkan perhitungan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) terdapat 615.674 ton sampah plastik yang bocor ke laut Indonesia. Hal ini disinyalir karena minimnya pengawasan di tingkat daerah.

 

"Salah satunya yaitu minimnya lembaga pengawasan dan pendukung di daerah. Tapi sejauh ini kami akan terus melakukan upaya-upaya mengelola sampah menjadi lebih baik," ujar Bahri kepada wartawan, belum lama ini.

 

Dalam kegiatan Kampanye Resik (Redefining Solutions on Plastic Poluttion Towards Integrated Policy and Knowlege) itu, ungkapnya, jumlah sampah plastik yang bocor ke laut dalam lima tahun terakhir mencapai 398.000 ton pada tahun 2022. Jumlah tersebut menurun 35,36 persen.

 

"Kebocoran sampah ke laut mengalami penurunan, namun tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sampah masih banyak," katanya.

 

Akibat masifnya pencemaran sampah plastik di laut, kondisi pesisir pantai Indonesia yang memiliki panjang garis pantai 81.290 km sedang dalam keadaan tidak baik-baik saja. Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Novrizal Tahar menyatakan, permasalahan sampah plastik yang mencemari pesisir dan laut ini bahkan telah menjelma dari persoalan antardaerah menjadi permasalahan antarnegara. 

 

Penanganannya, kata Novrizal, harus dilakukan secara bersama-sama dengan melibatkan berbagai pihak, termasuk akademisi, swasta, pemerintah, maupun lembaga di luar pemerintah.

 

“Memperkuat kolaborasi dengan berbagai rekanan dalam negeri maupun internasional untuk mendorong pengelolaan sampah dari hulu hingga hilir yang lebih berkelanjutan itu sangat penting,” kata Novrizal.

 

Sejauh ini, ungkap Novrizal, kebijakan untuk menekan laju ancaman polusi sampah plastik sudah banyak dibuat. Gerakan kepedulian masyarakat terhadap sampah juga ia nilai cukup


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0