Sering Konsumsi Alkohol? Awas Penumpukan Lemak Hati, Atasi dengan Kopi

Ida Farida
Apr 28, 2023

KOSADATA - Penyakit hati atau liver menjadi salah satu ancaman kesehatan manusia. Biasanya, penyakit hati ditandai dengan adanya inflamasi (peradangan) pada sel-sel hati.

Kondisi ini bisa menyebabkan jaringan hati menjadi lunak dan membengkak. Jika tidak ditangani dengan baik, inflamasi dapat membuat kerusakan permanen pada jaringan hati.

Tak jarang, hari yang berpenyakit juga disebabkan adanya penumpukan lemak. Dilansir dari berbagai sumber, faktor risiko utamanya adalah obesitas, diabetes tipe 2, dan konsumsi alkohol berlebihan.

Pada tahap ini, organ tidak dapat lagi berfungsi dengan baik karena jaringan hati yang sehat secara progresif digantikan oleh jaringan parut. 

Namun, kita tak perlu berkecil hati. Penderita liver harus terus berupaya sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang. seperti dilansir laman resmi British Liver Trust, pola makan tersebut berguna untuk menjaga kekuatan dan berat badan tetap ideal. 

Beberapa penderita liver perlu menjalankan diet khusus berdasarkan rekomendasi ahli gizi untuk mengelola penyakitnya. 

Terlebih jika ada gangguan nafsu makan, mual, lemas, beberapa bagian tubuh bengkak. 

Penderita perlu berkonsultasi intens dengan dokter yang menangani untuk menentukan pola makan yang paling tepat. 

Salah satu makanan yang baik untuk menunjang kesehatan liver adalah kopi. Melansir Healthline, kopi termasuk jenis makanan yang baik untuk penderita liver. 

Penelitian menunjukkan, minum kopi bisa melindungi organ liver atau hati, bahkan bagi orang yang livernya bermasalah. 

Rutin minum kopi juga bisa mengurangi risiko kanker hati. Kopi baik untuk penderita liver karena bisa mencegah lemak menumpuk di liver sekaligus mengurangi peradangan. 

Selain itu, ada juga teh hijau. Penelitian menunjukkan, rutin minum teh hijau dapat memperbaiki fungsi liver dengan cara mengurangi stres oksidatif dan timbunan lemak di liver (fatty


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0