Terapkan Pendekatan Partisipatif, PAM Jaya Wujudkan Kedaulatan Air

Bambang Widodo
Mar 10, 2023

KOSADATA - Direktur Utama PAM JAYA, Arief Nasrudin memastikan di Jakarta sudah tidak ada lagi swastanisasi air pasca operasional penuh dilakukan oleh PAM Jaya. Pihaknya berkomitmen terus mewujudkan kedaulatan air bagi warga Jakarta.

“Komitmen kami untuk mewujudkan kedaulatan air bagi warga Jakarta akan lebih mudah dengan model partisipatif. Seluruh warga bisa terlibat dan terikat dalam satu mimpi yang sama untuk masa depan air perpipaan di Jakarta,” ujar Arief di Balai Kota Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Selama satu tahun kemarin, katanya, PAM Jaya telah menjalankan proses transisi dan transformasi yang telah dimulai sejak Januari 2022. Saat ini, jelasnya, seluruh pelanggan mitra sebelumnya secara otomatis menjadi pelanggan PAM Jaya.

"Operasional penuh air perpipaan oleh PAM Jaya ini akan menjadi titik awal untuk mewujudkan ketahanan air regional dan nasional," katanya.

Diakui Arief, tantangan yang dihadapi PAM Jaya saat ini adalah ketersediaan sumber air baku, polusi dan bencana air, penurunan tanah, dan pengolahan limbah yang buruk.

Persoalan itu, lanjut Arief, menjadi beberapa faktor yang menyebabkan pelayanan air perpipaan di DKI Jakarta baru mencapai 65,85 persen atau sebanyak lebih dari 900 ribu sambungan rumah dengan kapasitas produksi 20.082 liter per detik (lpd).

“PAM Jaya menargetkan 100 persen cakupan pelayanan air perpipaan pada 2030. Untuk memenuhi target itu, PAM Jaya menambah kapasitas produksi hingga 10.900 liter per detik, serta perluasan jaringan pipa hingga 4.500 kilometer. Dua hal tersebut, akan menambah jumlah pelanggan sebanyak 1,1 juta,” imbuh


1 2

Related Post

Post a Comment

Comments 0