Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Polisi Klaim ETLE Sudah Efektif

Abdillah Balfast
May 18, 2023

KOSADATA  - Polda Metro Jaya mengklaim bahwa penerapan tilang manual bukan berarti sistem E-TLE tidak efektif. Penerapan tilang manual murni dilakukan untuk ketertiban masyarakat di lokasi yang belum terjangkau kamera E-TLE. 

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman mengatakan, bawa tilang ETLE dinilai efektif bahkan dapat dikembangkan untuk menjaga ketertiban, keamanan bersama keselamatan masyarakat.  

"Jadi pemberlakuan tilang manual bukan karena fungsi ETLE itu tidak efektif, oh sangat efektif. Tetapi kan ada beberapa ruas jalan yang belum tercover oleh ETLE," katanya saat dikonfirmasi, Kamis (18/5/2023).

Dia menilai bahwa saat ini ada beberapa kawasan yang tidak tercover oleh ETLE mobil maupun ETLE statis. Sehingga untuk melengkapi hal tersebut diberlakukan tilang manual. 

"(Tempat tilang manual) Di seluruh tempat kemacetan, tempat kecelakaan pasti ada petugas selama ada petugas, petugas melihat dengan kasat mata pasti akan dilakukan penindakan. Baik itu peringatan maupun tilang," jelasnya. 

Dia mengatakan bahwa penerapan tilang manual juga diperlukan untuk meningkatkan kedisiplinan masyarakat agar patuh terhadap aturan lalu lintas. 

"Karena tujuannya mengingatkan masyarakat agar tidak ada pelanggaran yang menyebabkan kecelakaan," pungkasnya.(***)

Related Post

Post a Comment

Comments 0